Rabu, 17 Desember 2008

(Sudah) Bekerja Tanpa Secuil Kekuasaan

Banyak yang menduga sebelumnya bahwa pemenang Pilpres 2004 yang lalu adalah seorang satrio piningit. Bagi kebanyakan orang, untuk bisa bekerja, satrio piningit memerlukan kekuasaan semacam lembaga kepresidenan. Padahal sebenarnya tidak begitu. Tanpa secuil kekuasaan pun saya sudah bekerja dan tetap akan bekerja, karena tugas saya hanya memberi peringatan. Selanjutnya Tuhan sendiri yang akan menyelesaikannya.

Sekedar memberi peringatan pun sebenarnya bukan suatu pekerjaan mudah. Suatu peringatan disampaikan kepada publik memang ada dasarnya tidak asal omong atau asal tulis. Hal ini tentu memerlukan suatu hubungan yang dekat dengan Tuhan. Hubungan yang dekat dengan Tuhan itu pertama-tama bukan karena saya lebih hebat atau lebih suci dari yang lain tetapi karena saya dipilih Tuhan atau ketiban pulung dan kemudian ditarik mendekati-Nya. Kebetulan latar belakang sejarah saya mendukung untuk itu. Saya terlahir sebagai hasil perkawinan antara orang Mangir (Kali Progo) dan orang kota Yogyakarta (Kali Opak) yang legendaris itu. Menurut arkeolog UI, Supratikno Rahardjo, dalam bukunya Peradaban Jawa, banyak peninggalan sejarah ditemukan di lima Kabupaten yaitu Temanggung, Magelang, Bantul, Sleman, dan Klaten yang wilayahnya di sekitar antara kedua sungai itu. Penemuan benda bersejarah berupa emas yang spektakuler ditemukan di Situs Wonoboyo, juga dalam areal tersebut. Wilayah itu memang diperkirakan sebagai pusat peradaban Mataram Kuno.

Suatu peringatan yang saya sampaikan juga kadang-kadang akan bersinggungan dengan orang atau lembaga yang mungkin menimbulkan friksi. Tentu dibutuhkan seni tersendiri untuk menyampaikannya kepada publik, selain sikap konsisten pada jalur yang saya tekuni yang ditetapkan Tuhan. Suatu peringatan yang lugas memang akan sampai sebagaimana peringatan itu dimaksud, tetapi mungkin akan menyinggung beberapa orang atau lembaga. Sedangkan suatu peringatan yang disampaikan secara tersamar (halus) memang tidak menyinggung pihak lain, tetapi sering tidak dipahami sebagaimana peringatan itu dimaksud. Dalam pengalaman hidup saya malah sering terjadi adanya pihak lain yang nylonong memasuki jalur yang ditetapkan Tuhan bagi saya. Hal itu terjadi karena pihak lain tidak tahu kalau jalur yang saya tekuni ini ada orangya. Mungkin juga mereka merasa direndahkan martabatnya kalau harus berdialog dengan orang (yang notabene bukan lembaga atau mewakili lembaga). Atau mungki n juga merasa jalur saya ini ada di bawah kekuasaannya. Sangatlah baik kalau masing-masing pihak berada pada jalurnya masing-masing. Dan saya tetap akan berusaha pada jalur yang ditetapkan Tuhan bagi saya, yaitu kesejahteraan publik. Meskipun dekat dengan Tuhan saya akan menghindari pembicaraan mengenai Surga, jalan ke Surga, atau ritual keagamaan karena hal itu wewenang pihak lain. Menurut hemat saya, Raja Saul koncatan wahyu keprabon karena merangkap pekerjaan imam. Rangkap-rangkap pekerjaan atau rangkap klaim semacam itu tidak akan saya lakukan. Saya tahu pantangannya.

Kalau memberi peringatan saja sudah meupakan pekerjaan besar yang membutuhkan konsentrasi dan seni mengapa harus mencari kekuasaan? Pengalaman saya mengatakan bahwa ketika peringatan yang saya sampaikan diabaikan, Tuhan telah bertindak. Jadi tidak perlulah kekuasaan itu. Saya termasuk orang yang percaya bahwa kuasa Tuhan untuk menjatuhkan hukuman ke bumi itu benar-benar nyata, tidak memerlukan tangan-tangan manusia sebagai eksekutornya. Keyakinan seperti inilah yang seharusnya menjadi titik pangkal perdamaian. Saya tegaskan lagi: Tidak memerlukan tangan-tangan manusia sebagai eksekutornya.

Semua tulisan dalam blog saya yang saya beri label spiritual tentu bersifat spiritual, tidak bisa dibaca sbagai peringatan eksakta seperti membaca peringatan dari lembaga seperti BMG (Badan Meteorologi dan Geofisika) atau badan pengawas kegunungapian. Namun demikian peringatan spiritual itu saya sampaikan karena saya meyakini kebenarannya.

Wibawa sebuah peringatan spiritual bukan terletak pada saya yang menyampaikannya tetapi terletak pada kesesuaiannya pada kehendak Tuhan. Memang, saya harus mengakui bahwa saya tidak berdialog secara fisik langsung dengan Tuhan. Tak ada tuntutan bahwa mempelai perempuan (manusia) adalah orang yang langsung berdialog dengan Tuhan. Justru tradisi Yahudi mengatakan bahwa Mempelai Laki-laki (Tuhan) tidak berbicara langsung dengan mempelai perempuan kecuali melalui sahabat-sahabat-Nya yaitu para nabi, rasul, dan penulis Kitab Suci. Dari Kitab Suci itulah peringatan itu saya sampaikan.

Sekali lagi perlu saya sampaikan bahwa menyampaikan peringatan saja sudah merupakan pekerjaan besar yang membutuhkan ketekunan dan kecermatan. Sebagai orang Jawa saya harus tahu diri dimana porsi saya. Saya tidak akan mengambil posisi sentral Tuhan,dengan rangkap pekerjaan, tidak akan menduduki takhta Tuhan, serta tidak akan mengambil porsi Tuhan sebagai eksekutor. Porsi saya hanya memberi peringatan.




2 komentar:

  1. SATRIO PININGIT.
    WAHYU SEJATI SAH ALADUNI-ILADUNI PIHAK PANDU SAKTI.
    POTRET ORANG SEMARANG JAWA-TENGAH.
    SAH.
    POERWANTO BOEDI SANTOSO.
    SHYEIKH POERWANTO AHMAD BIN AHMAD MARIDI BIN AHMAD NAWAWI.

    KEDALAM BERITAKU MASALAH HATIMU YANG MELIHAT BUATAN INI ADALAH BUAT ANDA JADILAH PIHAK SALAM BERMAIN BUDI PEKERTI SAH HARAPANKU TANDA INI PUNYAKU.
    TAHTA INI SELAMATKU DATAKU SEPERTI INI :

    MATA HATI PIKIRAN RAJA RATU SATRIO PININGIT TEMPATKU BADDI.
    KITABKU ALADUNI-ILADUNI SIFAT WAHYU SEJATI PENDAPATAN SUFFIKU.
    MILIK ALLAH SWT DALAM PUTUSAN SARI BUMI WAHYU JADI.
    KITAB INI DUDUK AHLI WATAK KUASA BUDAYA GOIB BADDI.
    KAJIANKU ISLAM PAMOR RAHMAT TITAH DUNIA ILHAM.
    PIKIRANKU TANDA SURATAN PAHALA ILHAM PIAGAM ALADUNI-ILADUNI.
    KACA PINTU HATIKU DUNIA TAHTA SRI MADI MUSTIKA HATIKU SIFAT.
    PAHALA INI JADI DUA KAS HATIKU DALAM TUGAS KUBRO ADIL.
    CAHAYA BUDI ALAM SURYA JIWA ORANG DUNIA DISINI JAM WAJIBNYA.
    SAH BERKALLA MATA SURATAN TAKDIR.

    PENJABARAN BUATAN KUBRO JAMAN RATU ADIL HAK DISINI.
    SAH.

    http://www.satrio-piningit.co.cc/

    BalasHapus
  2. Terima kasih Mas Poerwanto atas kunjungan dan komentarnya. Saya tidak memiliki kehendak untuk menjadi presiden atau raja. Saya hanya seorang hamba yang mengerjakan apa yang harus dikerjakan seorang hamba. Tugas saya hanya memberi peringatan. Bagaimana pun juga, sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas kunjungan dan komentarnya

    BalasHapus